Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Jika Kolom Atau Baris Berisi Data

Untuk membuat nomor urut otomatis tentunya bisa menggunakan Fill Handle atau drag and drop dari nomor urutan ke-1 sampai dengan baris urutan yang sesuai dengan kebutuhan misalnya sampai dengan baris 100 maka nomor akan otomatis mengurut dari angka 1 sampai dengan 100. Hal ini sudah tentu akan membantu Anda mempercepat proses pekerjaan. Namun bagaimana jika nomor urutnya otomatis dengan kriteria apabila ada baris di kolom data terisi maka nomor akan terisi secara berurutan dari terkecil sampai dengan terbesar sesuai dengan jumlag baris data yang ada.

Untuk bisa membuat nomor urut otomatis kita bisa menggunakan rumus Excel dan disini ada beberapa rumus yang dikombinasikan karena tidak cukup hanya dengan satu rumus saja. Nah kita akan belajar bagaimana menggabungkan atau mengkombinasikan lebih dari rua rumus untuk menghasilkan nomor urut otomatis.



Nah, Anda bisa lihat gambar diatas bahwa nomor urut akan dibuat secara otomatis di kolom B mulai dari cell B3 dengan angka 1 dan sampai dengan cell B7 dan disana juga terlihat ada baris yang tidak terisi data atau baris kosong yang tidak memiliki nomor. Kenapa bisa demikian? hal ini dilakukan karena kita menggunakan rumus excel untuk membuat kasus tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat nomor urut otomatis?
Langkap pertama silakan Anda tentukan terlebih dahulu data yang akan dimasukan sebagai acuan apakah mau dibuatkan nomor urut atau tidak. Jika dalam contoh diatas bahwa data yang akan menjadi acuan adalah di kolom C dengan posisi cell C3 maka silakan tuliskan formula

=IF(C3<>"";COUNTA($C$3:C3);"")

Formula diatas akan menghasilkan angka 1 karena jika kita baca maka algoritma atau syntax dari furmula nya adalah jika di cell C3 tidak kosong maka hitung data dari cell C3 sampai batas terakhir. kenapa kita gunakan $C$3:C3 ya karena jika data ditarik kebawah maka C3 akan statis namun C3 yang kedua karena tidak terkunci dengan $ akan di urutkan sesuai dengan baris nya misalnya jadi $C$3:C4.

Apakah akan otomatis jika kita isikan data pada baris yang kosong?
Ya, nantinya setelah rumus tertulis dengan benar maka jika data terisi tulisan maka akan secara otomatis nomor terbuat dan nomor dibawahnya akan berubah menjadi nomor paling atas.

Demikian, artikel singkat kali ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Jika Kolom Atau Baris Berisi Data"

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler